Sejarah perkembangan internet

Apa Sejarah perkembangan internet

Sebelum menyebar luas internetworking (802,1) yang mengarah ke Internet, jaringan komunikasi sebagian besar dibatasi oleh sifatnya hanya memungkinkan komunikasi dalam stasiun di jaringan lokal dan metode umum jaringan komputer didasarkan pada model komputer mainframe pusat. Beberapa program penelitian mulai mengeksplorasi dan mengartikulasikan prinsip-prinsip fisik jaringan antara jaringan yang terpisah, yang mengarah ke pengembangan paket switching model jaringan digital. Upaya-upaya penelitian termasuk orang-orang dari laboratorium Donald Davies (NPL), Paul Baran (RAND Corporation), dan Leonard
Kleinrock di MIT dan di UCLA. Penelitian ini menyebabkan perkembangan beberapa jaringan paket-switched solusi di akhir 1960-an dan 1970-an, termasuk ARPANET dan protokol X.25. Selain itu, akses publik dan sistem jaringan tumbuh hobi populer, termasuk salinan unix-to-unix (UUCP) dan FidoNet. Namun mereka masih terputus-putus jaringan yang terpisah, hanya dilayani oleh gateway terbatas antara jaringan. Hal ini menyebabkan penerapan paket switching untuk mengembangkan protokol untuk internetworking, di mana beberapa jaringan yang berbeda dapat bergabung bersama dalam kerangka-super jaringan. Dengan mendefinisikan suatu sistem jaringan sederhana yang umum, Internet Protocol Suite, konsep jaringan dapat dipisahkan dari pelaksanaan fisiknya. Ini penyebaran internetworking mulai terbentuk dalam gagasan jaringan global yang akan disebut Internet, berdasarkan protokol standar resmi dilaksanakan pada tahun 1982. Adopsi dan interkoneksi terjadi dengan cepat di seluruh jaringan telekomunikasi canggih di dunia barat, dan kemudian mulai untuk penetrasi ke seluruh dunia karena menjadi standar de-facto internasional untuk jaringan global. Namun demikian, perbedaan pertumbuhan antara negara maju dan negara-negara dunia ketiga menyebabkan kesenjangan digital yang masih memprihatinkan hari ini.

Setelah komersialisasi dan pengenalan tentang penyedia layanan Internet secara pribadi menjalankan layanan di tahun 1980-an, dan ekspansi Internet untuk keperluan populer di tahun 1990-an, Internet telah membawa dampak drastis pada budaya dan perdagangan. Ini termasuk meningkatnya komunikasi instan dekat melalui surat elektronik (e-mail), forum diskusi berbasis teks, dan World Wide Web. Investor spekulasi di pasar baru yang disediakan oleh inovasi ini juga akan mengarah pada inflasi dan diikuti oleh hancurnya gelembung Dot-com. Namun, meskipun ini, internet terus berkembang, didorong oleh perdagangan, jumlah yang lebih besar dari informasi online dan pengetahuan dan jaringan sosial yang dikenal sebagai Web 2.0.

 Sejarah perkembangan internet, perkembangan internet, internet, Teknologi Informasi,

No comments:

Post a Comment