Pages

hak suami terhadap istri

Apa Hak dan kewajiban suami terhadap  istri,
dan sebaliknya dari sudut pandang Alkitab

Efesus 5:21 hingga 33 garis besar hak dan kewajiban suami dan istri:

21. Mengirimkan dirimu satu ke yang lain dalam takut akan Allah.
22. Istri, menyerahkan diri kepada suami Anda sendiri, seperti kepada Tuhan.
23. Untuk suami adalah kepala istri, sama seperti Kristus adalah kepala gereja, dan Dialah yang menyelamatkan tubuh.
24. Karena itu sebagaimana jemaat tunduk kepada Kristus, sehingga membiarkan istri bagi suami mereka sendiri dalam segala sesuatu.
25. Hai suami, kasihilah isterimu, sama seperti Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri untuk itu;

26. Bahwa ia mungkin menguduskan dan mentahirkan dengan mencuci air oleh firman,
27. Bahwa ia mungkin hadir untuk dirinya sendiri sebuah gereja yang mulia, tidak memiliki tempat, atau kerut, atau hal seperti itu, tetapi yang harus kudus dan tidak bercela.
28. Jadi suami harus mengasihi isterinya sama seperti tubuhnya sendiri. Siapa yang mengasihi isterinya mengasihi dirinya sendiri.
29. Sebab tidak pernah orang belum membenci tubuhnya sendiri, tetapi mengasuhnya dan merawatinya, sama seperti Tuhan gereja:
30. Karena kita adalah anggota tubuh-Nya, daging, dan tulang-nya.
31. Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya, dan akan bergabung kepada istrinya, dan dua mereka akan menjadi satu daging.
32. Ini adalah misteri besar: tapi aku berbicara tentang Kristus dan gereja.
33. Namun membiarkan setiap salah satu dari kalian khususnya begitu mengasihi istrinya bahkan sebagai dirinya sendiri, dan istri melihat bahwa ia menghormati suaminya.

I Petrus 3: 1-12 juga menyatakan hak dan kewajiban suami dan istri terhadap satu sama lain:

1. Demikian pula, istri-istri kamu, harus tunduk kepada suami Anda sendiri, bahwa, jika mematuhi apapun tidak firman itu, mereka juga bisa tanpa kata dimenangkan oleh percakapan dari istri;
2. Sementara mereka melihat percakapan suci Anda digabungkan dengan rasa takut.
3. menghiasi siapa marilah kita tidak yang menghiasi luar dari anyaman rambut, dan memakai emas, atau mengenakan pakaian;
4. Tapi biarlah orang tersembunyi hati, dalam yang tidak fana, bahkan hiasan roh lemah lembut dan tenang, yang di hadapan Allah yang sangat berharga.
5. Karena setelah cara ini dalam waktu yang lama para perempuan kudus juga, yang percaya kepada Allah, menghiasi diri mereka sendiri, berada di tunduk kepada suami mereka sendiri:
6. Bahkan ketika Sara taat Abraham, memanggilnya tuan: yang putri kamu, selama kamu melakukannya dengan baik, dan tidak takut dengan takjub apapun.
7. Demikian juga, suami kamu, tinggal dengan mereka sesuai dengan pengetahuan, memberikan kehormatan kepada istri, sama seperti kepada kapal lebih lemah, dan sebagai ahli waris bersama-sama dari kasih karunia kehidupan; bahwa doa Anda akan tidak terhalang.
8. Akhirnya, jadilah kamu semua satu pikiran, memiliki satu kasih sayang yang lain, cinta sebagai saudara, akan menyedihkan, sopan:
9. Tidak rendering kejahatan dengan kejahatan, atau pagar untuk pagar, tetapi berkat sebaliknya; mengetahui bahwa kamu tambahan disebut, kamu yang seharusnya mewarisi berkat.
10. Karena orang yang akan mencintai hidup, dan melihat hari baik, ia menahan diri lidahnya terhadap yang jahat, dan bibirnya bahwa mereka tidak berbicara tipu daya:
11. Biarkan dia menghindari kejahatan, dan berbuat baiklah, biarkan dia mencari perdamaian, dan itu terjadi.
12. Karena mata Tuhan lebih dari orang benar, dan telinga-Nya terbuka kepada doa-doa mereka: tetapi wajah Tuhan menentang mereka yang jahat.

Dalam bidang hubungan dan perkawinan, tidak bisa menjadi masalah yang lebih peledak dan memecah belah daripada kepemimpinan laki-laki dan perempuan pengajuan. Kadang-kadang di akhir 1990-an, saya pikir, Konvensi Baptis Selatan mengeluarkan pernyataan resmi meminta wanita untuk "ramah submit" untuk suami mereka. Tentu saja, pernyataan itu disambut dengan kontroversi, cemoohan dan ejekan dari sektor yang berbeda dan bahkan dari dalam Konvensi itu sendiri. Kelompok feminis telah mengatakan semua waktu itu perintah Alkitab bagi perempuan untuk tunduk kepada suami mereka adalah undangan terbuka untuk penyalahgunaan suami-istri.

Jika Anda ingin diskusi mendalam tentang doktrin-doktrin Bibel tentang kepemimpinan laki-laki dan penyerahan perempuan, saya merekomendasikan buku-buku berikut kepada Anda:

[1] "Strike the Match Asli" oleh Chuck Swindoll; Multnomah Tekan © 1980; khususnya bab berjudul "Mari kita Perbaikan Foundation" dan "Batu Bata yang Membangun Perkawinan."

[2] "The Grace Awakening" juga oleh Chuck Swindoll, Word Publishing, © 1996; khusus bab yang berjudul "Perkawinan Sebuah diminyaki oleh Grace"

[3] "Together Forever" oleh Anne Kristin Caroll; Zondervan, © 1982 oleh Barbara J. Denis); khusus bab yang berjudul "Siapa wears Celana?"

[4] "Rocking Peran" oleh Robert Lewis dan William Hendricks; NavPress, © 1991; khususnya bab berjudul "The 'S' Word" dan "The Counterpart jantan ke 'S' Word."

Saya pernah menulis tentang kepemimpinan dari laki-laki dan penyerahan perempuan, dan Anda mungkin ingin membacanya kembali. Bagian dari artikel yang berbunyi sebagai berikut:

Lewis dan Hendricks, tetap menjaga pandangan tradisional dari kepemimpinan laki-laki dan penyerahan perempuan, namun menjelaskan bahwa pengiriman tidak peran seorang istri. Sebaliknya, mereka mengatakan, penyerahan adalah respon mencintai istri untuk kepemimpinan suaminya mencintai dan pengorbanan.

"Peran" dan "respons" mungkin terdengar seperti semantik hanya untuk Anda, tapi saya mendorong Anda untuk membaca "Rocking Peran" Pernyataan yang paling mencolok di buku ini tentang penyerahan. Dapat ditemukan di halaman 135: "fokus Seorang istri Alkitabiah patuh adalah tidak tentang cara mengaktifkan perilaku yang salah, tapi dalam memberdayakan suaminya untuk mengejar perilaku yang benar - untuk menjadi manusia Tuhan ingin dia menjadi, dan pemimpin Tuhan ingin dia menjadi. "

Aku ingat sesuatu Dr James Dobson menulis dalam buku klasiknya (sangat dianjurkan!) "Cinta Harus Tough" tentang penyerahan. Dobson mengatakan, "Menjadi seorang istri yang patuh spiritual tidak berarti menjadi keset."

Caroll, yang menulis bukunya keluar dari wadah dari sakitnya perceraian (dan menikah lagi dengan orang yang sama) mengatakan pada halaman 126, "adalah Penyampaian kebebasan."

Selama resepsi pernikahan beberapa misionaris Filipina terikat untuk Akses Kreatif Bangsa, mempelai pria berharap keras bahwa istrinya akan tunduk padanya. Yang membawa banyak tawa di antara para tamu. Well, Sir, mohon diingat Lewis dan definisi Hendricks 'pengajuan dan aku yakin pernikahan Anda akan ternyata baik-baik saja. Apa definisi mereka lagi? "Fokus Alkitabiah Seorang istri adalah tidak tunduk pada memungkinkan perilaku yang salah, tapi dalam memberdayakan suaminya untuk mengejar perilaku yang benar - untuk menjadi orang yang Tuhan ingin dia menjadi, dan pemimpin Tuhan ingin dia menjadi."

hak suami terhadap istri, hak istri terhadap suami, hak suami pada istri, hak istri pada suami, hak suami istri,  hak suami, hak istri, hak suami terhadap isteri

No comments:

Post a Comment