Pages

menemukan pasar tersembunyi bag 2




 Dengan begitu Anda akan mendapatkan jaminan kesuksesan dari produk yang anda akan jual, karena pasarnya sudah ada sebelumnya, kesalahan yang sering terjadi adalah anda membuat sebuah produk dan mencari pasar sesudahnya.
Bisakah anda bayangkan telah menginvestasikan begitu banyak waktu, tenaga dan biaya untuk membuat sebuah produk yang ternyata tidak ada pasarnya? Oleh karena itu ide brilian anda belum tentu sesuai dengan apa yang pelanggan anda inginkan! Sekarang kita akan membahas langkah yang pertama yaitu menemukan niche market....

Menemukan (Pasar Tersembunyi) Niche Market!
Pada suatu hari ada teman saya yang menanyakan pendapat saya mengenai prospek membuka bisnis kerajinan di Bali, anda pasti tahu bahwa di Bali sudah ada begitu banyak sekali para pengrajin untuk berbagai macam produk, bahkan di mulut bandara pesawat pun sudah bertebaran segala jenis kerajinan dan pernak-pernik yang berhubungan dengan budaya Bali tentunya.
Dengan keberadaan pesaing yang sudah begitu banyak, berpa besar kemungkinan seseorang dapat memperoleh kesukesan menjual jenis produk yang sama? Kemungkinannya kecil sekali.
Tapi kemudian saya katakan kepada dia, kenapa Anda tidak buat saja sebuah bentuk kerajinan yang membidik golongan turis tertentu, misalnya untuk turis dari Jepang anda bisa membuat ukiran yang menampilkan penari kecak yang dilatarbelakangi oleh pohon Sakura, dengan begitu setiap turis dari Jepang pasti akan sangat tertarik dengan apa yang Anda tawarkan, Kenapa?  Karena produk tersebut akan menyentuh emosi dari turis yang berasal dari Jepang, di sini kita belajar memisahkan diri dari target pasar yang besar ke segmen pasar yang lebih kecil dan membuat sebuah produk yang dibuat khusus sesuai dengan kebutuhan ataupun kesenangan segmen  yang lebih kecil tersebut  Saya yakin tidak ada pengrajin yang membuat hal yang seperti itu.
Inilah yang dimaksud dengan niche Market kata niche itu sendiri berasal dari bahasa Perancis yang berarti to nest ataupun bersarang begini  ilustrasinya bila Anda mempunyai produk untuk sebuah niche market, maka Anda ibarat sedang memancing ikan di kolam yang kecil, yang dipenuhi dengan ikan-ikan lapar dan anda mempunyai umpan yang didesain khusus untuk ikan-ikan lapar yang ada di kolam tersebut,apakah produk Anda akan laku?sudah pasti! Nah lawan dari niche market adalah Mass Market yang diibaratkan seorang memancing di kolam yang besar dan dipenuhi dengan ikan-ikan yang sudah terlalu banyak makan juga banyak orang selain anda yang memancing dengan memakai umpan yang sama, anda bisa menentukan sendiri mana pasar yang paling menguntungkan!
Niche market sering kali disebut sebagai pasar tersembunyi pasar yang belum disadari orang karena tidak banyak orang yang tahu mengenai keberadaan pasar tersebut ataupun sadar akan potensi profit dari sebuah niche market, lalu apa arti semua ini?

 Artinya kemungkinan anda untuk dapat sukses disana akan semakin besar dan bila kita berbicara mengenai komunitas internet maka untuk sebuah pasar tersembunyi, kita bisa menemukan jutaan orang yang diam disana karena dunia internet tidak mengenal batas wilayah lagi, melalui internet kita tidak lagi membicarakan sebuah komunitas di satu kota ataupun daerah saja tapi komunitas DUNIA!

Kenapa Anda harus membidik pasar ini?
Jawabannya adalah karena anda tidak bisa menjadi segala-galanya untuk semua orang, banyak pelaku bisnis yang bangkrut karena mereka mencoba menjadi segala-galanya bagi pelanggan mereka, sekarang dalam dunia bisnis internet banyak orang ynag mulai melirik Niche Market ketimbang mass Market
Begini, misalnya Anda memiliki buku mengenai Manajemen Waktu yang baik, janganlah anda menargetkan pasar anda bagi semua orang tapi cobalah persempit segmen pasar anda ke pasar yang lebih spesifik misalnya manajemen waktu untuk mahasiswa ataupun anda punya buku mengenai cara mendapatkan uang anda juga bisa menargetkan ke pasar yang lebih spesifik seperti cara mendapatkan uang untuk pensiunan ataupun situs mengenai kencana online anda bisa targetkan ke pasar yang lebih spesifik seperti kencana online untuk alumni Universitas ABC Wow,
 kemungkinannya tidak terbatas, dan biasanya sebuah produk yang terspesialisasi untuk komunitas tertentu yang lebih kecil dapat dijual 2 sampai 3 kali lebih mahal ketimbang yang umum, saya berani katakan kalau buku manajemen waktu untuk mahasiswa dapat  dijual lebih mahal ketimbang buku manajemen waktu saja.
Berikut ini saya  akan tunjukkan contoh-contoh beberapa situs yang menargetkan Niche Market.
Bagaimana cara merawat kelinci Anda?
Lihat di sini http://www.rabbit.secrets.com
Bagaimana membuat burung kakaktua anda berbicara?
Lihat di sini http://www.yourparrotwilltalk.com
Bagaimana melatih tricks pada anjing Labrador?
Lihat di sini http://www.labrador.secrets.com
Bagaimana melatih seekor kuda?
Lihat di sini http://www.horse.training.videos.com
Bagaimana cara berselancar?
Lihat di sini http://www.surf.secrets.com
Bagaimana cara memancing ikan trout?
Lihat di sini http:/www.pianoisfun.com
How to increase your bed and breakfast
Lihat di sini http://www.bed-breakfast-success.com

No comments:

Post a Comment